Selasa, 24 November 2015

RENCANA PEMASARAN

RENCANA PEMASARAN

 I.  Jenis Jasa yang ditawarkan : 
Make Up dan Salon Mahasiswa

II. Keunggulan Produk dibanding pesaing 
Dewasa ini bisnis dikalangan mahasiswa sudah menjadi hal yang lumrah, terutama bagi mahasiswa perantauan yang mencari tambahan "uang jajan" dengan melakukan bisnis. Dalam melakukan pemilihan bisnis Make Up dan Salon Mahasiswa saya telah melakukan survei, didapatkan hasil, dilingkungan mahasiswa tempat saya tinggal, masih belum menemukan pesaing sesama mahasiswa, pesaing saya justru adalah salon yang sudah ternama.untuk itu saya menawarkan keunggulan dibandingkan salon tersebut, yakni 
  • harga yang sangat sopan untuk kantong mahasiswa
  • menyediakan paketan salon dan make up yang tentunya ekonomis
  • memberikan kartu langgana dan cap/stiker untuk setiap kedaangan, pelayanan gratis jika sudah mengumpulkan 10 cap/stiker
  • homecare atau pelayanan langsung ketempat pelanggan
III. Target Pembeli :
Mahasiswa

IV. Daerah Penjualan :
 Kawasan Kober UI, Depok Jawa Barat


DATA PEMASARAN

I. Permintaan
lokasi yang digukana untuk membuka usaha ini adalah dilingkungan mahasiswa terutama mahasiswa perantauan yang sangat mencari penawaran jasa yang murah namun kualitas tidak kalah saing dengan rentang usia 19-30 tahun namun bisa juga semua umur,. Mahasiswa akan sangat memerlukan jasa Make Up dan Salon untuk kebutuhan sehari-hari, acara kegiatan kampus hingga wisuda. Perkiraan pendapatan yang didapat adalah sekitar Rp 300.000,- perhari yakni sekitar Rp. 9.000.000 perbulan

II Penawaran
pesaing utama dari usaha ini telah membuka salon sekita 2tahun namun track record nya tidak begitu baik,mereka menawarkan jasa yang mahal namun dengan kualitas yang standar dan sangat kaku, disini saya menawarkan jasa dengan harga bersahabat ddengan kualitas yang tidak kalah karena memliki sertifikat keahlian serta pengetahuan tentang ilmu kecantikan dan anatomi tubuh manusia,sehingga tidak membahayakan kesehatan pelanggan. Pangsa pasar sangat sesuai dengan kantong mahasiswa serta pelayanan yang fleksibel

III. Tingkat Pertumbuhan
Seiring dengan laju bertambahnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di pulau jawa, saya yakin usaha ini akan terus berkembang, apalagi jika mampu menjaga kualitas, maka promosi dari mulut ke mulut pun akan sangat membantu, sehingga permintaan akan kebutuhan jasa semakin meningkat

IV. Persaingan
saat ini pesaing utama sudah memiliki nama dan dikenal luas karena letak salonnya dipinggir jalan raya yang sangat ramai dilalui.
Biaya Promosi adalah Gratis, karena promosi melalui sosial media yang sedang berkembang,yakni instagram
Biaya peralatan :
untuk peralatan make up : Rp 5.000.000,-
untuk peralatan salon : Rp 1.000.000,-

Demikianlah rincian rencana pemasaran untuk penawaran Jasa Make up dan Salon, semoga semua berjalan lancar dan lekas terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar